Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

Perlengkapan yang wajib dibawa saat melahirkan

Bingung mulai dari mana untuk menyiapkannya. Yuk, kita siapin bareng-bareng!

Berikut ini saya akan share perlengkapan yang wajib dibawa saat melahirkan. Perlengkapan ini sebaiknya disiapkan dari jauh hari ya, kalau bisa ketika memasuki usia kandungan 36 weeks, semuanya sudah siap di dalam tas, jadi ketika “gelombang cinta” atau tanda-tanda persalinan lainnya hadir, kita bisa sesegera mungkin pergi ke rumah sakit/tempat bersalin tanpa ribet menyiapkan ini-itu terlebih dahulu.

Perlengkapan yang saya share ini berdasarkan pengalaman di persalinan sebelumnya ya. Di persalinan sebelumnya ada beberapa perlengkapan yang ternyata disediakan oleh rumah sakit, jadi malah nggak terpakai. Tapi karena untuk persalinan yang kedua ini saya berganti rumah sakit, jadi saya masukkan lagi ke daftar untuk jaga-jaga kalau dari pihak rumah sakit tidak disediakan. Mau sedikit cerita juga kalau di persalinan sebelumnya saya melahirkan secara spontan/pervaginam dan rawat inap selama 5 hari 4 malam karena anak masuk NICU. Untungnya jarak dari rumah ke rumah sakit cukup dekat, jadi bisa minta tolong dibawain perlengkapan yang masih kurang. Untuk persalinan yang ini saya tetap menyiapkan perlengkapan untuk rawat inap 3 hari, dengan harapan dan afirmasi positif bahwa kali ini tidak ada kejadian anak harus masuk NICU jadi bisa langsung IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan rooming in, rawat inap lebih sebentar dan persalinan yang lebih lancar dari sebelumnya. AAMIIN!

Apa aja perlengkapan ‘tempur’nya?

Untuk Bayi

1. Popok (kain/sekali pakai)

  • Kalau pakai popok kain kira-kira 20-30 pcs.
  • Kalau pakai popok sekali pakai bawa 1 pax (isi ya tergantung merek, biasanya 40-50an per bungkus).

Iya, newborn emang sesering itu ganti popoknya. :))

Pada persalinan sebelumnya sih saya dapat popok sekali pakai dari rumah sakitnya, jadi popok sekali pakai yang saya bawa nggak terpakai sama sekali. Nah di rumah sakit yang ini belum tahu akan gimana, just in case nggak dapat jadi saya tetap bawa 1 pax.

2. Selimut bayi (2 pcs)

Di persalinan sebelumnya karena baru rooming in di malam ke-4, jadi selimut baru terpakai 1 pcs dan besok siangnya langsung pulang.

3. Bedong bayi (4 pcs)

Ini juga salah satu item yang saya dapat di rumah sakit sebelumnya, jadi malah nggak terpakai bedong yang dibawa. Seperti biasa, untuk jaga-jaga tetap bawa bedong agak banyak.

4. Kapas bulat (isi 100 pcs) + Tupperware mini isi air/Botol spray isi air

Ini juga salah satu item yang saya dapat di rumah sakit sebelumnya, tapi tetap dibawa untuk jaga-jaga nggak dapat dari rumah sakit yang ini.

5. Tisu basah (1 pax)

6. Saputangan bayi (6 pcs)

Dibanding memakai tisu kering, untuk newborn saya lebih suka memakai saputangan bayi untuk mengeringkan bagian tubuh yang dibasuh air. Biar nggak nempel-nempel di kulitnya yang masih lembut banget.

7. Baju bayi (3-4 set)

Bisa jumper atau baju setelah. Siapkan 1 set yang kece ya buk, siapa tahu dapat jatah pemotretan dari rumah sakitnya hehe.

8. Topi (2-3 pcs) + sarung tangan + sarung kaki (3-4 set)
Kalau nggak satu set sama bajunya boleh dibawa aja ya.

Nah, sekarang perlengkapan yang wajib dibawa ibunya ya..

1. Daster/piyama yang nyaman untuk menyusui (3-4 pcs)
Bisa memilih daster/piyama yang berkancing atau beresleting depan.

2. Baju ganti untuk pulang (1 set)

3. Hijab instant (3 pcs bagi yang berhijab)

4. Toilettries (sikat gigi, deodoran, odol, sabun, shampo)
Sebetulnya sih di rumah sakit biasanya ada ya, tapi kalau nggak cocok bisa bawa yang biasa dipakai sehari-hari di rumah.

5. Korset/Stagen/Gurita (2-3 pcs)

Nah yang ini nyamannya pakai yang mana? Kalau saya bawa celana dalam korset karena udah pernah coba pakai gurita dan stagen nggak nyaman banget saat menyusui. huhu. Makanya beralih ke celana dalam korset siapa tahu lebih nyaman saat dipakai menyusui dan beraktivitas (semoga!)

6. Bra yang nyaman untuk menyusui (3-4 pcs)

7. Pembalut nifas atau yang biasa dipakai saat menstruasi (1 pax/secukupnya)

8. Celana dalam (6 pcs)

Yang ini disiapkan agak lebih banyak juga nggak apa-apa, jaga-jaga kalau sering tembus.

9. Make-Up

Kalau andalan saya sih cuma lipstik, pensil alis sama bedak. Ya biar nggak keliatan pucat dan itupun kalau lagi mood buat touch up. Hehehe.

 

Selain untuk bayi dan ibunya, ada juga perlengkapan lain yang wajib dibawa, seperti..

1. Kartu BPJS/Kartu Asuransi

2. Fotocopy KTP suami, KTP istri, KK dan buku nikah

Ini biasanya dibutuhkan untuk membuat akta kelahiran. Banyak rumah sakit yang sudah menyediakan jasa untuk membuatkan akta kelahiran, kalau dokumen kita lengkap dan siap kenapa nggak memakai jasa ini kan daripada ngurusin sendiri? hehe.

3. Buku riwayat pemeriksaan kehamilan

4. Alat sholat (sarung dan mukena)

Selain untuk anggota keluarga yang menginap bisa jugadigunakan untuk tamu yang menjenguk.

5. Bantal menyusui

6. Handuk kecil (3 pcs)/breast pad (1 pax)

Pada persalinan sebelumnya saya mengalami air ASI rembes karena payudara penuh. Selain bawa handuk kecil atau breast pad bisa bawa pompa juga ya biar payudara kita juga nggak bengkak dan nyeri.

7. Salep Medela Purelan/merek lain

Ini buat apa sih? Kalau saya sempat pakai karena mengalami luka di puting, walaupun memang bisa sih sembuh dengan sendirinya tapi supaya lebih nyaman dalam menyusui saya memakai salep ini di awal-awal menyusui anak.

8. Pompa Manual/Elektrik + botol/plastik ASI + Cooler bag  + ice gel + cup feeder

Udah dibahas di poin no.6 ya, jaga-jaga supaya payudara kita nggak bengkak, sementara bayik masih kenyang dan belum mau disusui. Kalau nggak ada kulkas dan nggak bisa titip di rumah sakit, hasil perahan bisa disimpan sementara untuk nanti diminumkan ke bayinya memakai cup feeder. Di rumah sakit sebelumnya sih menyediakan item ini jadi memang baru kali ini saya siapkan.

9. Charger handphone + steker tambahan dan (kalau ada) powerbank

Charger handphone sih nggak mungkin lupa kan ya? Secara udah jadi kebutuhan primer banget. Gimana bisa update di socmed kalau hpnya lowbatt? #eaak. Steker/stop kontak tambahan ini juga buat jaga-jaga aja, siapa tahu ada tamu yang mau ngecharge eh stop kontak di kamar kita udah penuh sama barang-barang elektronik kita.

10. plastik/totebag yang sedang ukurannya (2-3 pcs)

Ini sih bisa buat baju kotor atau tempat hadiah-hadiah yang dibawain tamu-tamu yang jenguk di rumah sakit.

Ini kira-kira summary checklist perlengkapan yang wajib dibawa saat melahirkan nanti ya!

Perlengkapan yang wajib dibawa saat melahirkan
klik kanan – save as image

Semoga daftar perlengkapan yang wajib dibawa saat melahirkan ini bisa membantu ya, silahkan tulis komentarnya ya kalau ada tambahan yang lupa saya sertakan di daftarnya. Selamat beberes, menyiapkan segala perlengkapan dan menyambut kehadiran si kecil ya! ^^

Comments

    1. diniisme Post
      Author
      diniisme

      Wah iya bener, jangan sampai lupa isi bensin dan cek mesin yaa! Terima kasih mbak atas masukannya. ^^

  1. Asiah

    Diniii.. udah menghitung hari yaaa.. ikutan deg2an ini sayah 🤣🤣. Btw baju2 buat ganti bapake nggak sekalian dibawa Din? Aku waktu lahiran Sabriyya sempet skip sama itu, pikiran cuma fokus ke aku sama baby kan, bapaknya terlupakan 😂😂😂.

    1. diniisme Post
      Author
      diniisme

      HAHAHAHAHA bundooooo doakan akyuu yaaaaa.. kupun degdegann tak tentu udah 38 weeks ini mana LDR pula hahahaha
      Udah disiapin tapi nggak kucatat di situ, kebetulan cari tempat lahiran yang tinggal ngesot juga dari rumah.
      Jadi kalo kurang-kurang bisa cusss ambil.
      Huwaaa, apakah akan satu zodiak sama kakak Sabriyya nih si baby? hihihi

    1. diniisme Post
      Author
    1. diniisme Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *